Ketidak Harmonisan Antar Umat Beragama

r4r

Agama adalah suatu sistem yang mengatur tata keimanan/kepercayaan dan peribadatan kepada tuhan yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia terhadap lingkungannya.

Di dalam negara kita ini terdapat 5 agama besar yaitu Islam, Protestan, Katolik, Budha, dan Hindu. Semua agama tersebut diakui eksistensinya dan diberikan hak untuk beribadah. Setiap individu di indonesia dapat memilih suatu agama sebagai kepercayaanya secara bebas. Ini berdasarkan pada UUD 1945 pasal 28 E ayat 1 & 2 yang berbunyi :

  1. “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali”
  2. “ Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap, sesuai dengan hati nuraninya ”

Karena di Indonesia terdapat beragam macam agama, terkadang dalam kehidupan keseharian terdapat ketidak harmonisan antar beragama nya, ini biasanya disebabkan oleh adanya individu atau kolompok anatara umat yang memiliki rasa toleransi yang rendah dan kurang menghargai terhadap sesama umat beragama. Sikap-sikap tersebut dapat memicu pertengkaran atau bahkan permusuhan antar sesama umat beragama. Oleh sebab itu kita sebagai umat beragama yang taat harus memiliki sikap saling menghormati, dan tenggang rasa agar tercipta keharmonisan antar umat beragama.

Pos ini dipublikasikan di Tugas ISD. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s